Dalam kunjungan ke toolbox CorelDRAW 11, Anda akan menemukan teknik
untuk menciptakan bentuk sempurna dipahat. Dipahat bentuk memungkinkan
Anda untuk menciptakan ilusi 3D bentuk yang muncul baik tersembunyi ke
dalam atau dinaikkan di atas permukaan datar (seperti yang ditunjukkan
berikutnya) dari yang sederhana dua-dimensi bentuk. Sukses akan
tergantung pada bentuk obyek Anda, keterampilan dengan mengedit node dan
perintah jalan, dan efek atau dua.
Sebelum
Anda memulai latihan untuk mengikuti, itu akan sangat membantu bagi
Anda untuk memastikan pengaturan beberapa sekejap tak ternilai yang
dipilih dalam CorelDRAW 11. Anda akan perlu memeriksa bahwa pilihan Snap
tertentu aktif menggunakan dialog Pilihan. Untuk mendapatkan set up,
ikuti langkah berikut:
1.Pilih Tools, Options untuk membuka dialog Options
2.Di bawah Workspace judul, klik Snap untuk Objects. Pastikan Snap untuk Objects dipilih aktif dan klik
Snap baik untuk Nodes dan Snap ke Obyek Pusat Poin pilihan dipilih (ditunjukkan berikutnya).
3.Klik OK untuk menutup dialog dan menerima perubahan Anda dan Anda siap untuk mulai.
Menciptakan jalur bentuk pahat
Kunci teka-teki bentuk pahat yang sukses terletak dalam menciptakan
sebuah jalan baru untuk mewakili pusat antara dua jalan yang ada. Anda
bisa menggambar bentuk secara manual dengan penguasaan Freehand atau
alat Bezier, tapi itu bisa memakan waktu yang cukup dan usaha, dan
hasilnya mungkin tidak sepenuhnya akurat. Ini adalah tempat Blend Tool
dapat membantu. Dengan menciptakan langkah campuran tunggal antara dua
jalur yang ada, Anda akan dapat dengan cepat menciptakan jalur baru
secara otomatis. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan dapat menggunakan
bentuk yang dihasilkan dengan mengedit simpul sangat sedikit. Tetapi
karena Anda akan menemukan, proses ini bukan tanpa trik kecilnya.
Untuk membiasakan diri dengan proses ini, coba langkah berikut:
1.Pilih Ellipse Tool dan membuat elips dari berbagai ukuran atau bentuk. Buatlah elips melingkar dengan
menahan Ctrl ketika Anda membuatnya.
2.Buat salinan dari lingkaran baru berpusat dalam asli dengan menahan Shift saat Anda tarik salah satu sudut
menangani ke dalam aslinya, kemudian klik tombol kanan mouse untuk membuat salinan (seperti yang
ditunjukkan berikutnya).
3.Pilih Pick Tool (tekan Spasi), pilih dua lingkaran, dan mengkonversi mereka berdua untuk kurva (Ctrl + Q).
4.Pilih Blend Tool Interaktif dan klik-tarik dari tepi satu lingkaran yang lain untuk menciptakan efek campuran
standar. Menggunakan pilihan Properti Bar, mengatur Jumlah opsi Langkah 1. Ini akan membuat jalur pahat
(ditampilkan berikutnya).
5.Menggunakan Pick Tool, klik kanan objek campuran dan memilih Grup Istirahat Blend Selain untuk
memecahkan hubungan antara lingkaran asli dan campuran.
6.Pilih hanya objek berbaur dan tekan tombol "+" tombol pada keyboard numerik untuk membuat salinan
melapis ke atas asli. Dengan menyalin masih dipilih, tahan Shift, klik lingkaran luar dan menggabungkan dua
jalur untuk membuat jalan senyawa (Ctrl + L). Kirim objek baru ke belakang (Shift PageDown +).
7.Klik untuk memilih objek campuran asli dan tahan Shift saat mengklik lingkaran terdalam untuk memilih
kedua objek. Menggabungkan mereka menjadi objek senyawa tunggal (Ctrl + L). Anda sekarang memiliki
dua jalur senyawa terpisah.
8.Pilih kedua objek dan mengisinya dengan warna (Merah misalnya), dan pilih Fill Tool Interaktif (G).
Menggunakan pilihan Bar Properti, pilih Radial dari menu Ketik untuk mengisi kedua dengan mengisi merah
ke putih standar radial.
9.Offset pusat masing-masing mengisi radial. Tarik penanda putih pada objek luar ke kiri atas dan penanda
putih dari objek dalam ke kanan bawah. Ini akan memungkinkan Anda untuk mensimulasikan shading
dasar (seperti yang ditunjukkan berikutnya). Hapus semua properti outline dari objek dan Anda sudah
selesai.
Dalam
contoh lingkaran, Anda mampu menciptakan efek pahat menggunakan
serangkaian jalan melingkar tak terputus. Tapi, jika bentuk Anda mencoba
untuk menerapkan efek ini untuk sudut fitur, proses menjadi sedikit
lebih terlibat dan membutuhkan proses langkah campuran serta mengedit
node. Ini adalah di mana efek yang benar-benar lepas landas sekalipun.
Mari kita persegi sederhana sebagai contoh:
1.Menggunakan Rectangle Tool, buat bentuk persegi (tahan Ctrl untuk membatasi). Seperti yang Anda
lakukan dengan lingkaran, membuat salinan yang lebih kecil di dalam asli dengan menyeret pegangan sudut
ke dalam sambil menahan tombol Shift dan mengklik tombol kanan mouse untuk membuat salinan (seperti
yang ditunjukkan berikutnya). Pilih kedua objek dan mengkonversikannya ke kurva (Ctrl + L).
2.Menggunakan Blend Tool, membuat objek campuran tunggal dengan menyeret dari satu bentuk ke yang lain
(ditampilkan berikutnya). Kemudian, dengan menggunakan Pick Tool, klik kanan objek campuran dan
memilih Grup Istirahat Blend Selain dari menu popup. Hal ini akan mewakili jalan pahat.
3.Pilih saja bentuk campuran dan tekan angka "+" untuk membuat salinan. Tahan Shift dan klik untuk memilih
alun-alun luar dan Gabungkan dua bentuk (Ctrl + L).
4.Dengan bentuk Anda masih dipilih, pilih Shape Tool (F10) dan klik setiap node pada bentuk. Kemudian,
dengan menggunakan opsi bar Properti, klik Pilih Semua Nodes dan tombol Curve Break (ditampilkan di
sebelah), untuk memilih dan keluar terlebih dahulu semua node sekaligus. Kemudian memisahkan semua
baris di bentuk dengan menggunakan perintah Break Apart (Ctrl + K). Proses ini pada dasarnya
mengurangi bentuk garis-garis.
5.Berikutnya, kita akan bergabung masing-masing sepasang garis mewakili sisi bentuk. Menggunakan Pick
Tool dan sambil memegang klik tombol Shift untuk memilih pasangan pertama dari garis dan Gabungkan
mereka (Ctrl + L). Kemudian, pilih Shape Tool dan pilih pasangan node di satu ujung dan klik Curve
Perpanjang untuk tombol Close di Bar Properti (ditampilkan berikutnya). Ini akan menambahkan sebuah
garis lurus antara dua node. Ulangi operasi ini untuk pasang simpul di ujung. Setelah Anda selesai,
bentuknya akan menjadi kurva tertutup.
6.Ulangi langkah di atas untuk setiap sepasang garis, pertama menggabungkan mereka dan kemudian
bergabung dengan pasangan simpul. Dalam contoh yang ditunjukkan berikutnya, semua sisi dari bentuk luar
telah digabungkan ke dalam kurva tertutup.
7.Anda juga harus mengulangi proses ini untuk bentuk batin. Klik untuk memilih objek campuran jalan asli dan
menggabungkannya dengan kuadrat terdalam. Kemudian pilih dan pecah semua node kurva dan pecah
susunan keseluruhan. Pilih masing-masing pasangan garis dan menggabungkan mereka, dan menutup setiap
akhir menggunakan Kurva Perpanjang untuk tombol Close. Hasilnya akan menjadi delapan bentuk ditutup.
Meskipun kita belum dieksplorasi aspek bayangan dari efek pahat (yang akan kita lakukan dalam bagian 2
dari artikel ini), contoh ditampilkan di samping menunjukkan hasil akhir dengan berbagai warna dan nuansa
diterapkan pada setiap sisi.
Variasi pada pahat
Anda mungkin tidak selalu perlu membuat negatif dan bentuk yang positif
untuk efek pahat. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin hanya perlu
menciptakan efek bentuk ukiran yang lengkap ke (atau ke dalam)
permukaan. Dalam latihan ini, tidak perlu untuk langkah campuran, tapi
pasti ada lebih menekankan pada editing node dan menggambar. Mari kita
poligon sederhana seperti contoh dan membuat bentuk bintang dipahat:
1.Untuk memulai, pilih Polygon Tool (Y) dan menciptakan bentuk poligon simetris standar dengan menahan
Ctrl untuk membatasi bentuk seperti yang Anda tarik. Menggunakan opsi Properti Bar mengatur pilihan
Jumlah Poin sampai 5. Jika diperlukan, meningkatkan kedalaman paku bintang dengan menahan Ctrl dan
menyeret salah satu node bentuk menuju atau menjauh dari pusat bentuk (seperti yang ditunjukkan
berikutnya).
2.Anda juga harus membuat objek untuk digunakan sebagai panduan menjentikkan. Untuk ini, pilih Ellipse
Tool (F7) dan membuat elips melingkar (tahan Ctrl) sedikit lebih kecil dari daerah bagian dalam bintang.
Pilih kedua bentuk dan E dan kemudian tekan C untuk pusat dua benda secara vertikal dan horizontal
dengan satu sama lain (seperti yang ditunjukkan berikutnya).
3.Menggunakan Pick Tool, pilih bintang dan mengubahnya menjadi kurva (Ctrl + Q). Kemudian pilih Shape
Tool dan tahan Shift + Ctrl sambil mengklik setiap node dengan cepat memilih semua node menyusun
bentuk. Pilihan Properti Menggunakan Bar klik tombol Curve Break dan kemudian tekan Ctrl + K untuk
memecah baris dalam bentuk.
4.Dalam langkah berikutnya node-patah pengaturan akan benar-benar membayar. Klik untuk memilih salah
satu garis bintang asli untuk memilih dan memilih Bezier Tool. Perhatikan node di kedua ujung yang terlihat.
Klik setiap node dan kemudian klik pusat mati lingkaran untuk menambahkan garis lurus. Kemudian, klik
node yang tersisa pada ujung dari garis asli untuk menutup bentuk (seperti yang ditunjukkan berikutnya). Ini
akan membuat sisi pahat tunggal.
5.Ulangi proses ini untuk setiap 9 baris tersisa yang terdiri bintang asli. Untuk melakukan ini dengan cepat,
tekan Spasi untuk beralih alat negara Anda antara Bezier dan Pilih alat menggunakan Pick Tool untuk
memilih dan Bezier Tool untuk menggambar. Setelah semua 10 baris telah selesai, efeknya hanya perlu
diwarnai atau diarsir (seperti yang ditunjukkan berikutnya). Setelah Anda selesai, pastikan untuk memilih
dan menghapus bentuk lingkaran dan menghapus sifat garis dari bentuk pahat bintang.
Sejauh
ini, kita hanya dieksplorasi menciptakan dan memahat bentuk dasar, tapi
ada lebih banyak untuk menyempurnakan efek ini. Pada bagian 2, kita
akan melihat teknik untuk menerapkan warna dan shading pada bentuk dan
melihat bagaimana efek pahat dapat diterapkan untuk bentuk yang lebih
kompleks lainnya seperti teks, garis, dan bentuk lain yang bermanfaat.
Entri Populer
-
Berikut Username and Password ESET NOD32 13 Maret 2012 : ======================== DATUM : 13 MARCH 2012 ======================== ESS/E...
-
Pengelolaan usaha yaitu kegiatan usaha yang dilakukan perusahaan/Individu dalam bisnisnya dalam pendirian usaha, penyusunan anggaran keu...
-
Dalam kunjungan ke toolbox CorelDRAW 11, Anda akan menemukan teknik untuk menciptakan bentuk sempurna dipahat. Dipahat bentuk memungkinkan ...
-
Menuangkan sisi kreatif dalam diri Anda, tidak hanya dapat di lakukan pada benda-benda seni pada umumnya seperti kanvas, dinding dan media...
-
Cheat Engine adalah program unik yang memungkinkan anda menemukan bug (kesalahan) dalam sebuah game. Dari bug tersebut, Cheat E...
-
Banyak hal yang terjadi didunia kita, tidak sedikit yang lain dari biasanya. inilah biasa dikatakan sebagai hal unik. Banyak orang menga...
-
Cara Ngebom komentar Facebook Yang pertama Login dulu ke Account Facebook anda Lalu buka Profil Korban yang ingin di bom Facebooknya L...
-
Cara Membasmi virus sality : Tulisan ini berdasarkan pengalaman yang menimpa saya selama kurang lebih dua bulan, selama dua bulan tersebu...
-
Update Status FB Dengan Huruf Gokil - banyak orang berlomba lomba membuat status yang gokil di Facebook , tapi malah gak ada yang ...